Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 4, No 1 (2022): Fourth Prosiding Conference on Research and Community Services

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Salsa Nabilla Wachid (Unknown)
Shanti Nugroho Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan Indonesia pada tahun 2020, yang mengalami pergeseran dari pembelajaran offline (pembelajaran tatap muka) menjadi pembelajaran online (komunikasi melalui jaringan). Media berbasis teknologi sangat dibutuhkan untuk pembelajaran online. Antusias siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh penggunaan teknologi selama kelas. Tujuan penelitian ini untuk memastikan apakah penggunaan teknologi mempengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Penelitian non-probability sampling menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel 40 siswa merupakan metodologi yang digunakan. prosedur pengumpulan data yang meliputi survei, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses regresi linier sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil  yang diperoleh adalah  menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar dilihat dari hasil signifikansi sebesar 0,001< 0,05. Bersarnya sumbangan pengaruh gadget terhadap motivasi belajar siswa SMK Bisri Syansuri  sebesar 26,4%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak yang menguntungkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...