Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu tujuan pembelajaran matematika salah satunya adalah pemecahan masalah. Dengan demikian pemecahan masalah menjadi salah satu fokus pembelajaran matematika. Pada proses pemecahan masalah, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah tipe kepribadian. Salah satu tipe kepribadian adalah ekstrovert. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa tipe kepribadian ekstrovert. Tahapan pemecahan masalah yang digunakan adalah IDEAL (I-Identify problems, D-define goals, E-Explore possible strategies, A-Anticipate outcomes and act, dan L-Look back and learn). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 1 siswa SMP kelas VIII yang berkepribadian ekstrovert. Instrumen utama adalah peneliti sedangkan instrumen pendukung yaitu tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) untuk menentukan tipe kepribadian, tes pemecahan masalah dan wawancara semiterstuktur. Keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah pada langkah-langkah pemecahan masalah Bransford dan stein tahap pertama mengidentifikasi masalah, siswa ekstrovert menuliskan informasi yang diketahui tidak lengkap namun pada saat wawancara bisa menjelaskan informasi yang diketahui, tahap kedua menentukan tujuan siswa ekstrovert menuliskan dan menjelaskan informasi yang ditanyakan dengan lengkap. Tahap ketiga mengeksplorasi kemungkinan strategi, siswa ekstrovert tidak menuliskan dan menjelaskan secara detail strategi yang digunakan. Tahap keempat mengantisipasi hasil dan bertindak, siswa ekstrovert mengaplikasikan strategi yang dipilih. Tahap kelima melihat dan belajar, siswa tidak memeriksa solusi yang diperoleh.
Copyrights © 2022