Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis pada materi matriks berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 1 Jombang sebanyak 3 peserta didik, masing-masing berkemampuan matematika tinggi,  sedang dan rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara dengan instrument utama peneliti sendiri dan instrument pendukung berupa lembar tes kemampuan matematika, tes kemampuan berpikir kritis tertulis dan pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika memenuhi semua indikator yaitu mampu merumuskan masalah dan mengungkap fakta yang dibutuhkan, mampu memilih argumen yang logis, mampu mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda tetapi belum mampu menyelesaikan langkah-langkahnya, dan mampu menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil. Siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi empat indicator yaitu merumuskan masalah dan mengungkap fakta yang dibutuhkan tetapi kurang teliti dalam proses penyelesaian, mampu memilih argumen yang logis, belum mampu mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda, dan mampu menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil. Siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi satu indikator berpikir kritis yaitu mampu menyajikan informasi yang diketahui dan diminta pada soal secara benar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022