Penelitian pendidikan dipengaruhi oleh perkembangan hasil teknologi, lingkungan, dan budaya yang digunakan sebagai sumber materi, sarana komunikasi. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar, memegang peranan kunci, sehingga sebagai bagian dari proses belajar mengajar, siswa harus aktif secara penuh, bahkan mempelajari materi secara individual. Jadi, jika istilah 'mengajar' atau 'mengajar' menempatkan guru sebagai 'pelaku utama' pemberi informasi, dalam 'pengajaran' guru lebih berperan sebagai fasilitator. Meningkatkan materi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pembelajaran pendidikan agama Kristen. Di akhir penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah konsep pembelajaran di mana guru membawa situasi kehidupan nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan mereka dan penerapannya dalam kehidupan mereka. hidup sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Educational research is influenced by the development of technological, environmental, and cultural results that are used as a source of material, a means of communication. Students are positioned as learning subjects, playing a key role, so as part of the teaching and learning process, students must be fully active, even studying the material individually. So, if the terms 'teaching' or 'teaching' place the teacher as the 'main actor' providing information, in 'teaching' the teacher acts more as a facilitator. Improving contextual learning materials in Christian religious education learning. This study aims to determine the effect of contextual learning on Christian religious education learning. At the end of this research, the writer concludes that Contextual Teaching and Learning (CTL) is a learning concept in which teachers bring real-life situations into the classroom and encourage students to make connections between their knowledge and its application in their lives. live as members of the family and society.
Copyrights © 2022