Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap minat menabung di bank Syariah pada guru pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 54 orang responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data adalah data primer dengan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan Software SPSS Versi 22. Pengujian hipotesis menggunakan analisis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terhadap minat menabung diperoleh nilai thitung sebesar 5,365 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat guru Pondok Modern al-Kautsar Pekanbaru untuk menabung di Perbankan Syariah. Hasil pengujian religiusitas terhadap minat menabung diperoleh nilai thitung sebesar 3,521 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671 dengan taraf signifikansi sebesar 0.002 < 0.05. Hal ini berarti bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terdapat minat guru Pondok Modern al-Kautsar Pekanbaru untuk menabung di Perbankan Syariah. Uji F test menunjukkan kualitas pelayanan dan religiusitas secara simultas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan pengharuh sebesar 72,6% sedangkan sisanya sebesar 27,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Copyrights © 2022