Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan
Vol. 19 No. 2 (2022): Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (AJAIP)

The Effect of Intrinsic Motivation and Religiousity to Social Media Awareness Around 'Fodamara Tv' Youtube Team

Lubis, Nurfauzy (Unknown)
Handayani, Nureta Dwika (Unknown)
Aisyah, Insanul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Salah satu kelompok remaja masjid yang bergerak menjadi dai virtual adalah Forum Remaja Masjid Raya (Fodamara) Senapelan, Pekanbaru. Mereka memulai aktivisme dakwahnya di media sosial melalui kanal Youtube “Fodamara TV”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara motivasi intrinsik dan religiusitas terhadap kesadaran dakwah media sosial di kalangan tim youtube ‘Fodamara TV’. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling sensus di mana seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian dari uji regresi berganda menunjukkan bahwa variabel motivasi intrinsik dan religiusitas sama-sama berpengaruh terhadap variabel kesadaran dakwah dengan sebesar 85,4%. Selain itu, besarnya pengaruh antara motivasi intrinsik dan religiusitas (secara simultan) terhadap kesadaran berdakwah signifikan sebesar 0,636. Begitu juga untuk variabel religiusitas memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 0,467.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alhikmah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The articles were published in the Journal include the results of the quantitative research, qualitative research, conceptual, theoretical and a literature review. The series of studies covering integration between Religion, Islamic, Education, Economic, and Human Behavior in Social Science issues, ...