Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 5 No. 2 (2022): Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance

PERAN KEPUASAN MEMEDIASI KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH

Mey Dwi Nur Aini (Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Rini Safitri (Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepuasan dalam memediasi kualitas pelayanan dan customer relationship management terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan pada BMT NU Jombang dengan populasi seluruh nasabah BMT NU Jombang dan sampel sebanyak 97 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan variabel X yaitu kualitas pelayanan dan customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Z) kepuasan, variabel X kualitas pelayanan dan customer relationship management serta variabel Z kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) loyalitas nasabah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...