Pesatnya perkembangan internet memunculkan inovasi konsep dan praktik dalam perdagangan secara elektronik atau disebut dengan e-commerce. Hal tersebut dapat menjadi peluang untuk mengoptimalkan implementasi model bisnis syariah dalam pengembangan platform e-commerce. Sementara yang menjadi objek penelitian adalah platform e-commerce syariah Salamin.id. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana penerapan Bussines Model Canvas (BMC) pada platform e-commerce Salamin.Id. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara langsung melalui wawancara pada pihak Salamin.Id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan model bisnis yang ada pada e-commerce syariah Salamin.id yang menggunakan akad salam dan Bussines Model Canvas (BMC). Dari penelitian ini akan digambarkan mengenai permodelan bisnis dari platform salamin.id dan bagaimana implementasi akad salam dapat dilakukan pada bisnis platform salamin.id. Hasil penelitian mengemukakan bahwa pengembangan platform ecommerce harus memperhatikan model bisnisnya terlebih dahulu sehingga dapat mengetahui jenis akad apa yang harus diimplementasikan sesuai dengan nilai kepatuhan syariah. Hasil penelitian menunjukkan 9 komponen platform design yang menggambarkan aktivitas bisnis pada platform Salamin.id.
Copyrights © 2022