EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Filsafat pada Pendidikan Kejuruan yang Mengacu Pada Perkembangan Zaman dan Pengalaman Pada Negara-Negara Berkembang: Perspektif Teori

Rizki Hardian Sakti (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Nizwardi Jalinus (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Rijal Abdullah (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Ridwan Ridwan (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Refdinal Refdinal (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Perubahan teknologi dan perkembangan zaman yang terjadi saat ini telah mempengaruhi semua aspek pendidikan, termasuk pendidikan kejurua. Hal tersebut membuat Pendidikan kejuruan mengahadapi banyak masalah yang harus diselesaikan, sehingga diperlukan pembelajaran dari Pendidikan kejuruan pada negara-negara berkembang. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang perspektif teori yang komprehensif tentang filosofi, alasan dan sistem pendidikan kejuruan (TVET), yang mengacu pada perkembangan zaman. Artikel ini mengkaji tentang sejumlah faktor penting yang mempengaruhi alasan-alasan dan kemungkinan sistem yang diadopsi oleh TVET di negara-negara berkembang. Dalam konteks inilah makalah ini berfokus pada filosofi, alasan, dan struktur serta strategi terkait yang dianggap paling cocok untuk sistem TVET masa depan. Artikel ini menggunakan metode literatur review dengan mengkaji sebanyak 20 artikel nasional maupun internasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan pendidikan kejuruan (TVET) di negara-negara berkembang akan membutuhkan strategi untuk setiap negara yang mempertimbangkan konteks ekonomi, sosial dan politik yang unik dari negara yang bersangkutan. Sementara beberapa pelajaran dapat dipetik dari pengalaman negara-negara maju, adalah dari sumber gagasan dan pilihan kebijakan terbesar yang tersedia dari negara-negara berkembang itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pentingnya berbagi ide dan pengalaman serta berpartisipasi dalam usaha dan skema Kerjasama adalah hal yang tidak dapat diremehkan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...