EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Analisis Kesenjangan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan Model Evaluasi Discrepancy

Muhammad Turmuzi (Universitas Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Dalam beberapa aspek kompetensi pedagogik dan professional mahasiswa pada penerapan kurikulum 2013 masih rendah seperti keterampilan dalam penciptaan  tabel penilaian utamanya bagi evaluasi religi, afektif, dan skill belum tercapai maksimal. Tujuan riset ini yaitu dalam rangka mengggali kesenjangan kompetensi profesional dan pedagogik mahasiswa Pendidikan Matematika menggunakan model evaluasi discrepancy. Evaluasi model kesenjangan discrepancy evaluation model bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara standard baku yang sudah ditentukan dalam program dengan kinerja sesungguhnya dari program. Riset ini tergolong riset program jenis riset kebijakan. Program yang di evaluasi adalah kompetensi mahasiswa dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Riset ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Populasi pada riset ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika yang menempuh perkuliahaan Pengajaran Mikro. Kesimpulan riset ini yaitu kesenjangan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa pada perancangan dan pelaksanaan pembelajaran rata-ratanya adalah dalam kategori sangat kecil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...