EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Al-Alim Sleman Yogyakarta

Nila Erdiani (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam  mengenai  manajemen pembelajaran tahfidz al-Qur’an di pondok tahfidz al-'Aalim Sleman Yogyakarta, dimana manajemennya  meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di pondok tersebut menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Data didapatkan melalui observasi dan wawancara, yang membantu  untuk memastikan validitas informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pondok tahfidz al-'Aalim telah melaksanakan manajemen pembelajaran yaitu (1) perencanaan pembelajaran tahfidz yang dilakukan di pondok tahfidz al-'Aalim melalui beberapa tahapan diantaranya: penyusunan rencana kerja, merencanakan waktu pembelajaran, merumuskan sistem seleksi peserta didik baru. (2) Pengorganisasian yang dilakukan di pondok tahfidz al-'Aalim dalam pembelajaran tahfidz dilaksanakan yaitu dengan membagi tugas dan tanggung jawab masing-masing pendidik oleh ketua yayasan, kabid pendidikan, dan pengasuh pondok. Beberapa tugas tenaga pendidik di pondok tahfidz al-'Aalim adalah menerima setoran hafalan dari para santri, membimbing dalam proses pembelajaran baik ketika murojaah dan perbaikan, yang terakhir memotivasi santri agar mereka  bisa betul-betul dalam melakukan pembelajaran sehingga dapat mencapai target yang di harapkan. (3) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz meliputi kegiatan seputar halaqah yaitu murajaah dan menyetor hafalan baru, kajian rutin dengan berbagai tema. (4) Evaluasi pembelajaran tahfidz al-Qur’an yang dilaksanakan pondok tahfidz al-'Aalim yaitu melihat sejauh mana pencapaian target hafalan santri, hal tersebut dilaksanakan dengan melakukan rapat atau musyawarah antara yayasan, pengurus pondok, donatur, ustadz dan ustadzah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...