EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022)

Pengaruh Metode Diskusi Dalam Materi Satuan Ukuran Panjang terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Mitha Uji Ramadhanti (Universitas Esa Unggul, Indonesia)
Alberth Supriyanto Manurung (Universitas Esa Unggul, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Hasil belajar siswa kelas III SDN Petojo Utara 01 Pagi pada mata pelajaran Matematika masih sangat rendah dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang dimana bahwa KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada mata pelajaran matematika adalah 70. Hal ini disebabkan oleh beberapa permasalahan yang dimana salah satunya adalah metode pembelajaran yang kurang efektif selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) berlangsung.  Oleh karena itu pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada pengaruh metode diskusi sebagai variable bebas (X) dan hasil belajar matematika kelas III sebagai variable terikat (Y). Metode yang digunakan yaitu metode ex post facto yang dimana merupakan informasi yang didapatkan dari responden menggunakan teknik pengambilan data yaitu instrument angket dan soal pretest untuk melihat bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas III dalam materi satuan ukuran. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ditunjukkan pada pengambilan keputusan hipotesis bahwa diperoleh diperoleh nilai 2.048. Dari tabel Coefficients diatas bahwa hasil uji t untuk Metode diskusi diperoleh = 3.503 > 2.048 dengan signifikansi 0.002 < 0.005. Hasil ini menunjukkan H0  ditolak dan H1 diterima yang artinya metode diskusi (X) memiliki pengaruh terhadappHasiliBelajar matematika (Y). kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan pada metode diskusi dalam materi satuan ukuran panjang terhadap hasil belajar matematika di kelas III SDN Petojo Utara 01 Pagi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...