Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pematang Siantar Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Pematang Siantar. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 152 siswa dengan menggunakan teknik random sampling yaitu semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel sebanyak 152 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal, dokumentasi berupa nilai rapot siswa semester genap tahun ajaran 2021/2022, dan wawancara dengan penyebaran angket kepada siswa (responden). Hasil penelitian: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022. (3) Terdapat hubungan yang signifikan kecemasan belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022
Copyrights © 2022