EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022)

Pengembangan E-Modul Kimia Pangan 1 Berbasis Konstruktivisme Lima Fase Needham pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya

Hana' Fadhilah Retiyanto (Universitas Sriwijaya, Indonesia)
A. Rachman Ibrahim (Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Andi Surahman (Universitas Sriwijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul kimia pangan 1 berbasis konstruktivisme lima fase needham pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya yang valid, praktis dan efektif dengan sub materi karbohidrat, protein, lemak/lipid, dan vitamin dan mineral. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D. Prosedur pengembangan 4D meliputi tahapan-tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil uji validitas e-modul menurut V’Aiken termasuk dalam kategori tinggi yaitu pada aspek pedagogik diperoleh nilai 0,97 aspek desain diperoleh nilai 0,97 dan aspek materi diperoleh nilai 0,96. Uji kepraktisan pada e-modul tahap development testing berdasarkan rumus kepraktisan tergolong dalam kategori sangat praktis yaitu pada tahap development testing 1 dengan nilai 95,8% dan development testing 2 dengan nilai 95,3%. Uji keefektifan menurut N-Gain pada e-modul tahap field test tergolong dalam kategori efektif dengan nilai persentase sebesar 76,5%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kriteria yang valid, praktis dan efektif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...