EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022)

Persepsi Para Mahasiswa tentang Pentingnya Komunikasi Dialogis dalam Proses Penyelesaian Skripsi

Carolus Borromeus Mulyatno (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode focus group discussion (FGD), penelitian ini bertujuan untuk memotret persepsi para mahasiswa tentang komunikasi dialogis dengan dosen pembimbing dalam proses penulisan skripsi. Pemikiran Y.B. Mangunwijaya tentang seni berkomunikasi menjadi kerangka analisis terhadap data-data yang ditemukan. Ada tiga poin penting yang ditemukan dalam penelitian ini. Pertama, para mahasiswa melihat bahwa menyelesaikan skripsi merupakan tanggungjawab yang harus dilaksanakan. Kedua, dalam proses penulisan skripsi, para mahasiswa merindukan adanya komunikasi dialogis dengan teman-teman, dosen pembimbing dan pimpinan program studi untuk menyemangati dan menemukan solusi terhadap kesulitan yang dihadapi. Ketiga, komunikasi dialogis intensif selama proses penulisan skripsi merupakan kesempatan untuk menemukan jalan-jalan alternatif dalam mengurai persoalan, menemukan solusi dan saling mengembangkan diri.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para mahasiswa memiliki semangat dan tanggungjawab untuk menyelesaikan skripsi.  Komunikasi dialogis  dengan  dosen pembimbing, teman-teman dan orangtua sangat membantu untuk menemukan dukungan dan solusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...