EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022)

Pendidikan Karakter pada Siswa melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Lusiana Lusiana (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Siti Fatonah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai pendidikan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran IPS jenjang Sekolah Dasar. Pendidikan karakter haruslah melibatkan aspek-aspek yang ada pada diri anak yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang tentunya akan menanamkan suatu kebiasaan yang akan terus-menerus dilakukan oleh anak atau peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan dokumentasi dengan teknik analisis konten (content analysis). Sumber data yang digunakan yakni sumber data sekunder yaitu dengan mengumpulkan data secara tidak langsung dengan meneliti objek yang bersangkutan. Dalam upaya pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar melalui pembelajaran IPS paling tidak mencakup empat yang harus dilakukan yakni kurikulum, materi, guru, dan proses pembelajaran. IPS merupakan bagian dari dari kurikulum sekolah yang tanggungjawab utamanya adalah membentuk karakter peserta didk. Kurikulum sekolah membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai, dan moral yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat baik di tingkat lokal, nasional maupun global.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...