EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengembangan E-Modul Konsep Keanekaragaman Hayati tentang Sonneratia Caseolaris Kawasan Mangrove Rambai Center

Nadiyatu Adzani Adilah (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Hardiansyah Hardiansyah (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Sri Amintarti (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Keberadaan keanekaragaman hayati mempunyai peran besar untuk menjaga proses ekosistem salah satunya pada tumbuhan Sonneratia caseolaris. Pengetahuan kajian Sonneratia caseolaris ini harus diketahui oleh masyarakat, khususnya bagi siswa yaitu dapat meningkatkan minat baca siswa sebagai sumber belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, oleh karena itu perlu adanya suatu produk hasil penelitian berupa modul elektronik (E-Modul). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Sonneratia caseolaris di Kawasan Mangrove Rambai Center sebagai bahan pengayaan Konsep Keanekaragaman Hayati SMA, uji validitas serta uji keterbacaan bahan ajar modul elektronik bertujuan untuk mengetahui kelayakan sebagai bahan pengayaan pada konsep Keanekaragaman Hayati di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu model Borg and Gall. Hasil penelitian Sonneratia caseolaris di Kawasan Mangrove Rambai Center yaitu Sonneratia caseolaris tersebut memiliki akar berupa akar napas seperti kerucut, batangnya termasuk tipe percabangan simpodial, tata letak daun yang saling berhadapan, bunga rambai berbentuk seperti cawan, dan tipe buahnya adalah buah buni. Pemanfaatan rambai sangat banyak mulai dari ekonomi, ekologi, dan sumber bahan pangan. Modul elektronik yang dikembangkan berdasarkan uji validitasnya termasuk kategori “Sangat Valid” (92,13%) dan uji keterbacaan siswa termasuk kategori “Sangat Baik” (91,55%), sehingga modul elektronik ini layak digunakan sebagai bahan pengayaan pada konsep keanekaragaman hayati SMA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...