EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Peningkatan Kemampuan Teknis Pengatalogan Monograf melalui Metode Project Based Learning

Atiqa Nur Latifa Hanum (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Setiap pustakawan harus terampil dalam pengolahan teknis, khususnya melakukan pengatalogan bahan pustaka karena merupakan keterampilan utama yang harus dimiliki. Oleh sebab itu, perlu adanya metode belajar yang tepat agar setiap mahasiswa nantinya lebih siap menjalankan tugas utamanya sebagai pustakawan terampil, khususnya pada kegiatan pengatalogan bahan pustaka. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan teknis pengatalogan mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampelnya yakni seluruh mahasiswa semester genap tahun ajaran 2018/2019, 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022 yang berjumlah 82 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan kognitif dan afektif mahasiswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, kemampuan kognitif mahasiswa sebesar 75,61%, kemudian setelah penerapan metode pembelajaran PjBL meningkat kemampuan kognitifnya yang terlihat pada siklus II, menjadi 81,43%. Artinya ada peningkatan kemampuan sebesar 5,82%. Pada siklus I, untuk kemampuan afektif mahasiswa sebesar 73,86%, kemudian setelah penerapan metode pembelajaran PjBL meningkat pada siklus II menjadi 83,78% atau sama dengan ada peningkatan kemampuan sebesar 9,92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PjBL dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis mahasiswa dalam kegiatan pengatalogan monograf

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...