EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Internalisasi Pendekatan Religius dalam Menguatkan Karakter Disiplin Siswa

Nurazmi Nurazmi (SMPN 3 Pekanbaru, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Hadir tepat waku menjadi indikator karakter disiplin yang sangat penting dimiliki seorang individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi pendekatan religius dalam menguatkan karakter disiplin siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan kuantitas siswa yang terlambat setelah diberikan pembiasan positif berupa pendekatan religius yaitu membaca kitab suci. Melalui program ini siswa secara tidak langsung diingatkan bahwa perbuatannya merupakan wujud dari ketidakpatuhan terhadap ajaran agama dan tentunya dengan harapan hal tersebut dapat mennggerakkan hati mereka untuk mengurangi perilaku tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...