EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pengembangan Evergreen : Media Pembelajaran berbasis Android dengan konteks Hutan Hujan Tropis

Rosita Putri Rahmi Haerani (Mulawarman University, Indonesia)
Erna Suhartini (Mulawarman University, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memastikan bagaimana respon mahasiswa terhadap Evergreen,media pembelajaran IPA berbasis Android yang menyoroti aspek khas Kalimantan Timur, Hutan Hujan Tropis.Media belajar Evergreen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi bahasan berikut ini.: (1) Bentuk dan Fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan di lingkungan hutan hujan tropis. (2) berbagai bentuk siklus hidup makhluk hidup hutan hujan tropis dan mengaitkannya dengan upaya konservasi. (3) pelestarian sumber daya alam di lingkungan hutan hujan tropis. (4) hubungan antara komponen jaring makanan dan ekosistem ekosistem hutan hujan tropis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner,menggunakan skala Likert berisi 46 butir pertanyaan untuk mengukur aspek Konten, navigasi, interaktifitas, umpan balik, desain screen, preferences, bahasa dan literasi lingkungan. Penilaian respon pengguna dilakukan oleh 84 orang mahasiswa prodi PGSD Universitas Mulawarman. Berdasarkan hasil survei respon mahasiswa terhadap media pembelajaran, diperoleh temuan penelitian bahwa Evergreen mendapatkan presentase respon pengguna rata-rata sebesar 86,2 % dengan kategori Sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...