EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Literature Review Project Based Learning Berbasis TIK

Hikmah Fatimah (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Bramastia Bramastia (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran tingkat SMP dilaksanakan secara kontekstual untuk melatih keterampilan 4C yang sangat dibutuhkan pada abad 21. Inovasi model PjBL berbasis teknologi dipercaya mampu memberikan hasil yang lebih optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bentuk integrasi yang diterapkan dalam pembelajaran dapat berupa proses pembelajaran. Selain integrase model pembelajaran juga diterapkan dalam bentuk media, bahan ajar hingga perangkat pembelajaran. Penelitian menggunakan analisis deskriptiif terhadap jurnal yang ada pada database google schoolar, Mendeley dan sinta. Keyword pencarian jurnal adalah Project Based Learning berbasis TIK. Data menggunakan jurnal yang terbit dalam kurun waktu 2015-2022. Hasil yang diperoleh terdapat 52 jurnal yang menunjukkan implementasi pada bahan ajar dan media pembelajaran. Bahan ajar project based learning berbasis tik berupa e-lkpd, 2-modul, e-book, e-protofolio. Media pembelajaran project based learning berbasis tik berupa virtual tour, Kit, robotik, website, virtual laboratorium, e-learning, aplikasi, foto, flip pdf, ppt, multimedia, AR, moodle. Pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi TIK paling banyak dilakukan pada tahun 2021 dalam bentuk e-modul.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...