EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Kompetensi Pedagogik Guru SMA dalam Menerapkan Pembelajaran Multiliterasi sebagai Wujud Merdeka Belajar

Arti Prihatini (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)
Sugiarti Sugiarti (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)
Tri Agung Bayu Ambarsari (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)
Ichda Nabilatin Nisa (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru SMA dalam menerapkan pembelajaran multiliterasi sebagai wujud Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah  guru SMA Aisyiyah Boarding School Malang yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan temuan penelitian, guru berpersepsi bahwa pembelajaran multiliterasi sangatlah penting (55,6%) dan penting (44,4%). Sementara itu, 88,9% guru menilai bahwa dirinya memahami Merdeka Belajar, sedangkan 11,1% guru menilai dirinya tidak paham. Pengetahuan guru tentang pembelajaran multiliterasi sudah cukup komprehensif. Hal itu tampak dari kemampuan guru dalam menjelaskan konsep dasar model pembelajaran, serta pengetahuan dan pengalaman guru dalam pembelajaran multiliterasi. Keterampilan guru dalam penerapan pembelajaran multiliterasi sebagai implementasi Merdeka Belajar direpresentasikan berdasarkan beberapa aspek, yaitu (a) tujuan dan asumsi pembelajaran, (b) sintaks pembelajaran, (c) sistem sosial, dan (d) dampak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...