EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Evaluasi Program Membaca di Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama

Muhammad Darif (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Program literasi yang dilaksanakan di Perpustakaan SMPN 9 Cilegon Kota Cilegon menjadi fokus penelitian ini. Memanfaatkan model CIPP, evaluasi menggunakan metode triangulasi untuk mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Deskripsi, reduksi, penyajian data, dan verifikasi adalah metode analisis data. Menurut temuan penelitian, siswa di Perpustakaan SMPN 9 Cilegon membutuhkan program literasi ini dari perspektif konteks; Dari segi input, program ini telah mendukung sumber daya manusia, infrastruktur, anggaran, jadwal, dan mekanisme kerja untuk memenuhi kebutuhan siswa; aspek proses, pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan rencana, meskipun ada kendala dalam kegiatan rutin seperti kurangnya konsistensi antara guru dan siswa dan dukungan orang tua; Di sisi produk, literasi hasil program menunjukkan bahwa 90% siswa mampu membaca dengan lancar, 60% siswa percaya diri dengan kemampuan mereka untuk memberikan hadiah asi, 66% siswa mampu membuat papan buletin sendiri, 66% siswa mampu menulis resume sendiri, 90% siswa aktif menulis tentang pengalaman pribadi mereka di buku harian, dan satu dari 65 siswa meraih juara III lomba pidato tingkat kecamatan. Hasil temuan menunjukkan bahwa program literasi perlu dilanjutkan, namun perlu perbaikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...