AKMENIKA
Vol. 18 No. 2 (2021): AKMENIKA

Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, E-Service Quality, Online Consumer Reviews, dan Online Trust Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee

Fitri Nurul Azmi (Unknown)
Arif Sudaryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Pembelian online adalah suatu fenomena transaksi jual beli tanpa tatap muka seperti biasnya transaksi konvensional,  sebagai peluang baru bagi pemasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, serta kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee. Penelitian ini dilaksanakan di Yogyakartasehingga populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh konsumen Shopee yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel ini sebanyak 120 responden yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner secara tertutup yang dilengkapi dengan skala Likert lima rentangan yang diuji coba untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda disertai dengan analisis determinasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Keyword: kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas pelayanan, ulasan konsumen, kepercayaan, keputusan pembelian

Copyrights © 2021