Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik secara khusus dalam materi tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi, yang upaya peningkatannya dilakukan dengan penerapan model Quantum Teaching. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif, karena masalah yang dibawa berhubungan jelas dengan data penelitian berupa fakta yang dibuktikan melalui angka-angka serta fakta yang terjadi di lapangan melalui observasi dan analisis menggunakan statistik. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah Quasy Eksperimental dengan desain penelitian Pre test-Post test Control Group Desain. Penggunaan metode Quasy Eksperimental berdasar pada pertimbangan agar dalam pelaksanaan siswa tidak merasa sedang dieksperimenkan, sehingga suatu penelitian menjadi lebih alami atau natural. Dengan situasi demikian diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap tingkat kevalidan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan dalam penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SD Negeri Simalungun. Keberhasilan ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai dalam aktivitas belajar dengan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar. Dimana kelas eksperimen memiliki peningkatan nilai sebesar 73,4132 % dan kelas kontrol memiliki peningkatan nilai sebesar 54,4820%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching erhadap hasil belajar siswa dikatakan cukup efektif, sebaliknya pada kelas kontrol yang tidak melakukan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dinyatakan kurang efektif.
Copyrights © 2022