Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 10 No 2 (2022): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 125138 PEMATANGSIANTAR

Ayu Wulandari (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar B. Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan satu kelas belajar yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas dan uji t. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif teams games tournament terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar IPS siswa dimana pada hasil pre test memiliki presentase sebesar 22% dan pada hasil post test memiliki presentase sebesar 61%. Nilai uji t dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel sebesar 3,983 > 2,08596. Artinya model pembelajaran TGT berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar IPS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif teams games tournament (TGT), Minat Belajar IPS

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...