Pada akhir tahun 2020 sampai akhir tahun 2021 pelayanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lestari I dan Ringinsari I ini sempat terhenti dikarenakan situasi pandemi COVID-19 dan baru mulai beroperasi kembali di awal tahun 2022. Sehingga selama posyandu tutup sistem pelaporan pertumbuhan bayi dan balita dari ibu ke kader masih tetap berjalan dengan menggunakan pesan melalui aplikasi chating. Pencatatan dan pelaporan di Posyandu ini sendiri masih menggunakan pencatatan berbasis dokumen kertas yaitu buku register yang diisi oleh kader setelah melakukan pelayanan dan kemudian direkap untuk dilaporkan. Menurut informasi yang diberikan kepada kader pada saat tim pengabdi melakukan kunjungan, mereka juga belum mengetahui tentang metode pengumpulan data yang lebih praktis selain aplikasi chating tersebut. Jika ada sebuah alat atau instrument yang dapat membantu, sehingga membuat pelaporan lebih praktis, kader merasa akan sangat terbantu dalam melakukan pencatatan dan pelaporan.Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan edukasi terkait sistem pelaporan posyandu dari manual menjadi digital yaitu dengan Sistem Operasional Smartphone Posyandu (SEMARDU) menggunakan Google Form. Metode yang dipakai dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan memberikan edukasi langkah-langkah membuat Google Form yang diberikan menggunakan metode penyuluhan, demonstrasi dan evaluasi penggunaan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu adanya peningkatan kepuasan terhadap peningkatan pelayanan posyandu menggunakan Sistem Operasional Smartphone Posyandu (SEMARDU). Hal ini ditujukan dari hasil pre-test dan post-test Ibu bayi dan Balita. Kader sudah memahami dan mampu membuat google form sesuai format pelaporan yang dibutuhkan dari ibu bayi dan balita.
Copyrights © 2022