Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2022 - November 2022)

PENGARUH KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP MANDIRI TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMKN 2 JAMBI

Komang Widiyaastuti (Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas Jambi)
Khairinal (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas Jambi, Indonesia)
Siti Syuhad (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2022

Abstract

Rendahnya motivasi siswa untuk menjadi seorang wirausaha yang didukung dengan jumlah wirausaha tamatan SMK Negeri 2 Kota Jambi yaitu berjumlah 2% dari jumlah siswa yang lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh langsung keterampilan berwirausaha terhadap sikap mandiri, (2) Pengaruh langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap sikap mandiri, (3) Pengaruh langsung keterampilan berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha, (4) Pengaruh langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha, (5) Pengaruh langsung sikap mandiri terhadap motivasi berwirausaha, (6) Pengaruh keterampilan berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha melalui sikap mandiri, (7) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha melalui sikap mandiri. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung keterampilan berwirausaha terhadap sikap mandiri sebesar 0,486, (2) Tedapat Pengaruh langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap sikap mandiri sebesar 0,312, (3) Terdapat pengaruh langsung keterampilan berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha sebesar 0,247, (4) Terdapat pengaruh langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 0,290, (5) Terdapat pengaruh langsung sikap mandiri terhadap motivasi berwirausaha sebesar 0,261, (6) Pengaruh keterampilan berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha melalui sikap mandiri sebesar 0,127, (7) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha melalui sikap mandiri sebesar 0,081. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa semua Ha diterima dan H­0 ditolak. peneliti menyarankan kepada siswa untuk mempersiapkan diri agar dapat menjadi seorang wirausahawan yang sukses, melalui pengetahuan kewirausahaan yang telah di dapati pada mata pelajaran kewirausahaan di sekolah. Sehingga hal ini mampu mendorong siswa untuk termotivasi dalam membangun sebuah usaha dan mampu menjadi seseorang yang mandiri dan terampil dalam menjalankan usaha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...