Pendidikan dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat suatu proses pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran pun tidak tercapai. Oleh sebab itu, diperlukan suatu tindakan guna mengantisipasi dan memberi solusi mengenai permasalahan-permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu guna mencari tahu apa yang menjadi masalah dalam pembelajaran biologi urban serta solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan metode kualitatif. Data-data di dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi serta wawancara. Selanjutnya data-data hasil yang diperoleh lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif berbentuk deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan tiga permasalahan dalam pembelajaran biologi urban di SMA Negeri 44 Jakarta diantaranya yaitu, kecenderungan siswa yang malas dalam belajar materi biologi, kejujuran siswa yang menurun akibat pembelajaran daring, serta keaktifan siswa dalam pembelajaran biologi di dalam kelas menurun. Berdasarkan hasil yang didapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi urban masih banyak memiliki permasalahan yang harus diselesaikan guna meningkatkan kualitas belajar siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Copyrights © 2022