Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP S Islamiyah Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu bulan Maret April 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP S Islamiyah Hessa Air Genting dengan jumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Melalui penerapan metode pembelajaran tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII-A SMP S Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini tampak dari hasil tes akhir belajar, siswa yang tuntas ada 25 orang atau 75%. Tetapi kegiatan pada siklus I belum dikatakan berhasil karena belum memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 85% sehingga perlu diulang agar kemampuan siswa dalam mempelajari materi secara mandiri dan diskusi dengan kelompok asalnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat ditingkatkan, maka perlu dilaksanakan perbaikan-perbaikan dalam melaksanakan tindakan pembelajaran di kelas. Untuk itu dilaksanakan pada siklus II. Pelaksanaan pada siklus II berjalan lebih baik dan lebih kondusif. Ini terlihat dari hasil tes akhir belajar, siswa yang tuntas ada 28 orang atau 87,5%. Maka dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments ( TGT ) di kelas VIII SMP S Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Copyrights © 2022