Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Pebandingan kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang tahun ajaran 2020/2021. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian, dengan materi yang diajarkan adalah perbandingan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Sampel pada kelas eksperimen berjumlah 30 orang, dan sampel pada kelas kontrol juga berjumlah 30 orang. Dari analisis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, Rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika kelas ekperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 73,33 dan 83,83. Sedangkan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 74,17 dan 75,5. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r, yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jika maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 0,722 sedangkan nilai adalah 0,361, sehingga terlihat bahwa . Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Perbandingan kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Copyrights © 2022