Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 3, No 2 (2022)

Efektivitas Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Strategi ISFBL untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Heni Hananda Setiawati (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Yuni Gayatri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Strategi Integrating Scaffolding Form In Biology Learning (ISFBL) pada materi sistem ekskresi manusia terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMAN 1 Kendal Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes bentuk uraian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes menggunakan indikator berpikir kritis Ennis (2011). Data dianalisis menggunakan uji mann whitney dan uji N-Gain. Hasil analisis diketahui ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan LKPD berbasis ISFBL dengan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain berpikir kritis menunjukkan nilai 64,9% pada kategori cukup efektif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis ISFBL pada materi sistem eksresi manusia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...