Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Strategi Integrating Scaffolding Form In Biology Learning (ISFBL) pada materi sistem ekskresi manusia terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMAN 1 Kendal Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes bentuk uraian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes menggunakan indikator berpikir kritis Ennis (2011). Data dianalisis menggunakan uji mann whitney dan uji N-Gain. Hasil analisis diketahui ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan LKPD berbasis ISFBL dengan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain berpikir kritis menunjukkan nilai 64,9% pada kategori cukup efektif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis ISFBL pada materi sistem eksresi manusia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis .
Copyrights © 2022