Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 3, No 2 (2022)

Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 4 Gunungsitoli Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021

Yerina Telaumbanua (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif . (2). Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-A semester genap SMP Negeri 4 Gunungsitoli Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah siswa sebanyak 33 orang denga jumlah laki-laki 21 orang dan perempuan 12 orang. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Pada siklus I (pertama), hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif mencapai nilai rata-rata 2,83 dengan kriteria tergolong cukup dan angket kualitas pembelajaran terdapat 1 item yang kategori kurang baik dan 20 item yang kategori cukup. Pada siklus II (kedua) hasil observasi pelaksanaan pelaksanaan proses pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif mencapai nilai rata-rata 3,83 dengan kriteria baik dan angket kualitas pembelajaran tergolong kriteria baik dan baik sekali. (2) pada siklus I (pertama), rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,33% dan diklasifikasikan dengan kriteria tergolong cukup dengan persentase ketuntasan 66,67% dan ketidaktuntasan 33,33% sedangakan pada siklus II (kedua), rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,04 dan diklasifikasikan dengan kriteria tergolong baik dengan persentase ketuntasan 87,88% dan ketidaktuntasan belajar mencapai target 75%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...