Perkembangan bisnis perhotelan sekarang ini sangat pesat di Indonesia. Bidang promosi menjadi bagian yang penting dalam perusahaan perhotelan sebagai sarana komunikasi bagi perusahaan dengan pasar sasarannya yaitu tamu, dimana tugas ini diemban oleh seorang Public Realtions. Berjalannya zaman, prinsip syariah sudah memasuki bisnis perhotelan. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menganalisa, strategi komunikasi Public Relations seperti apa yang digunakan Royal caravan hotel trawas yang menggunakan prinsip syariah dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap tamu.Dalam skripsi ini peneliti menggunakan jenis penelitian berdasarkan pendekatan deskriptif analisis. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Public Relations Royal caravan hotel trawas dan objeknya yaitu strategi Public Relations Royal caravan hotel trawas dalam membangun citra. Penelitian dilakukan di bulan Juni 2022 sampai dengan selesai dilaksanakan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan data dengan cara mengambil kesimpulan guna mencari jawaban dari pertanyaan yang terdapat dalam rumusan masalah. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisa data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis peneliti dengan Public Relations Royal caravan hotel trawas, strategi komunikasi yang pertama yaitu strategi promosi, royal caravan hotel trawas menggunakan media cetak dan sales call sebagai bentuk promosi. Strategi kedua, yaitu Pelayanan Syariah misal menerima pasangan yang bukan muhrim, hanya menyediakan makanan dan minuman halal, tiap kamar terdapat Al-Quran, buku doa, sajadah, dan arah kiblat. Bentuk komunikasi Public Relation royal caravan hotel trawas yaitu komunikasi massa dan antar pribadi. Komunikasi massa Public Relation Royal caravan hotel trawas adalah sales call. Komunikasi antar pribadi berkaitan dengan fasilitas yang nyaman dan syariah tentunya. Kata Kunci: Public Relation, strategi komunikasi, syariah, analisis deskriptif
Copyrights © 2020