Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI KELAS VIII SMPN 1 KERITANG

Thiansi Irmatika, Haida Fitri, M. Imamuddin, Tasnim Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash  di kelas VIII SMPN 1 Keritang yang valid, praktis dan efektif. Jenis pengembangan Research Development (RD) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Sedangkan Instrumen pengembangan yaitu lembar validasi, lembar angket, dan tes. Pada hasil pengembagan media berbasis Macromedia Flash  pada pembelajaran matematika dapat memenuhi kriteria valid dengan  hasil 81%. Sedangkan hasil pengembangan media berbasis Macromedia Flash pada pembelajaran matematika memenuhi kriteria dangan sangat praktis berdasarkan responden siswa mencapai 86,5% dan responden guru 92%. Maka hasil uji efektifitas media pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan uji tes hasil belajar mencapai ketuntasan 78.26% dari 100% dengan jumlah siswa 23 orang. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada pembelajaran matematika dinilai valid, praktis dan efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: Pengembangan, Macromedia Flash, Media Pembelajaran, Matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...