JKP (Jurnal Konseling Pendidikan)
Vol 6 No 1 (2022): JKP (Jurnal Konseling Pendidikan)

KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK : LITERATURE REVIEW

Prastiyo, Angga Dwi (Unknown)
Muhid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran berbasis online merupakan pembelajaran yang dipilih cocok untuk saat ini. Pembelajar ini munkin solusi untuk saat ini namun ini bukan tanpa adanya masalah. Masalah yang terjadi pada pembelajaran saat ini salah satunya prokrastinasi akademik.  Prokrastinasi akademik ini mungkin dianggap sepele namun jika dibiarkan akan mengakibatkan masalah baru seperti hilangnya rasa tanggung jawab, kecemasan, perilaku membolos bahkan bila terus dibiarkan akan  mengakibatkan putus sekolah. Untuk itu strategi yang digunakan dalam menurunkan prokrastinasi akademik ini adalah dengan melakukan Konseling konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau seberapa efektif pengaruh konseling kelompok tentik restructuring kognitifterhadap perilaku prokrastinasi akademik pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan literature review. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan konseling kelompok dengan teknik restructuring kognitif dapat menurunkan prokrastinasi akademik pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JKP terbit dua kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember dengan nomor eISSN: 2549-841X. Adapun tujuannya adalah mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis (invited authors) dalam bidang bimbingan dan konseling yang belum pernah dipublikasikan. Penulis bisa berasal dari ...