Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMP Negeri yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Meaningfull Instructional Design terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri. Diberikan dua kali tes yaitu pretest dan post test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis, diperoleh hasil uji normalitas untuk kedua pengujian yang dilakukan diperoleh nilai P-Value > pada taraf signifikansi = 0,05, sehingga hasil pre-test dan post-test berkategori normal. Program pengolahan data statistik Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22 untuk statistik inferensial, diperoleh nilai t hitung (Paired-sample t Test) sebesar 38,6209, dari tabel spread t diperoleh t0,95 dengan df = 17 sebesar 1,74 ternyata t = 38.6209 > 1.74. Sedangkan signifikansi 0,0001 lebih kecil dari taraf signifikansi a = 0,05 yang berarti secara statistik menolak hipotesis H0 atau menerima hipotesis H1. Hasil post-test lebih baik dari hasil pre-test. Hasil post-test memiliki nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 84,78 dengan standar deviasi (standar deviasi) 5,00. Sedangkan nilai rata-rata pada pre-test adalah 55,56 dengan standar deviasi (standar deviasi) 7,84. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model desain pembelajaran makna memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022