Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Volume 6 Nomor 2 Edisi Desember 2022

PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 9 MATARAM

Muhammad Ilham (Mataram University)
Rispa Wati (Mataram University)
Ahmad Fauzan (Mataram University)
Edy Herianto (Mataram University)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Berkembang pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat terlihat pada abad 21 ini. Perkembangan tersebut juga mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan, yang ditandai dengan adanya model blended learning. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengaruh model campuran terhadap motivasi belajar kewarganegaraan murid dikelas VII di SMPN 9 Mataram, 2) Untuk mengetahui motivasi siswa kelas VII belajar kewarganegaraan di SMPN 9 Mataram. SMPN 9 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiankuantitatif asosiatif dengan desain pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Mataram yang terdiri dari 9 kelas,dan sampelnya menggunakan 1 kelas menjadi 2 kelompok berdasarkan sesi perkenalan yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan survei. Teknik surve menggunakan pretest dan posttest, analisis data dengan pre-test yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta uji pengaruh dengan uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan blended learning dilaksanakan dalam sesi dan disesuaikan dengan komponen utama blended learning. Bahwa motivasi belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas control yaitu nilai pengaruh eksperimen (0,383) atau 38,8 persen pengaruh blanded terhadap motivasi belajar siswa. Dan didapat pengaruh dan dikelas kontrol (0,305) atau 30,5 persen pengaruh blanded terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa blended learningberpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.Kata Kunci : Model Blended Learning, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran PPKn

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kewarganegaraan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran ...