Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam mengembangkan karakter positif siswa, dan hambatan dalam mengembangkan karakter positif siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif dengan narasumber dua orang guru dan enam orang siswa, dengan alat pengumpul data panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam mengembangkan karakter positif siswa dapat dilakukan dengan latihan ketangkasan baris berbaris (LKBB), kegiatan perkemahan di alam terbuka, dan kegiatan penjelajahan, kegiatan tersebut dapat mengembangkan karakter positif siswa yakni mental yang kuat, mandiri, disiplin, tanggung jawab, gotong royong. Hambatan yang dihadapi yakni, masih rendahnya minat siswa untuk serius mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka, dan masih lemah pula peran orang tua dalam memberikan motivasi kepada siswa agar aktif mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
Copyrights © 2022