LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Jurnal Language Education and Literature

Penerapan Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Sukadana

Setiani, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Sukadana. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen desain jenis one grup (satu kelompok) yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok atau kelas pembanding. Teknik pengumpulan data yang akan digunanakan dalam penelitian ini adalah Tes. Berdasarkan hasil penelitian dan juga pembahasan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Sukadana Kabupaten Musi Rawas setelah diterapkan Directed Reading Thingking Activity (DRTA) secara signifikan tuntas”. Dalam hal ini berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan analisis uji hipotesis data akhir siswa maka didapatkan harga = 16,97. Berdasarkan hasil uji nilai pos-test dengan taraf signifikan α = 0,05, di peroleh = 1,64 maka 16,97 > 1,64, dengan hal ini maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Directed Reading Thingking Activity (DRTA) dapat menuntaskan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Sukadana Kabupaten Musi Rawas. Kata Kunci: Strategi, Directed Reading Thingking Activity, Hasil, Belajar. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Sukadana. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen desain jenis one grup (satu kelompok) yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok atau kelas pembanding. Teknik pengumpulan data yang akan digunanakan dalam penelitian ini adalah Tes. Berdasarkan hasil penelitian dan juga pembahasan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Sukadana Kabupaten Musi Rawas setelah diterapkan Directed Reading Thingking Activity (DRTA) secara signifikan tuntas”. Dalam hal ini berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan analisis uji hipotesis data akhir siswa maka didapatkan harga = 16,97. Berdasarkan hasil uji nilai pos-test dengan taraf signifikan α = 0,05, di peroleh = 1,64 maka 16,97 > 1,64, dengan hal ini maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Directed Reading Thingking Activity (DRTA) dapat menuntaskan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Sukadana Kabupaten Musi Rawas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...