ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar modul menyusun teks ulasan yang valid dan praktis. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Dick & Carey. Model Dick & Carey memiliki 10 tahapan yang meliputi, analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, analisis pembelajaran dan konteks, memformulasikan tujuan performasi, mengembangkan instrumen, mengembangkan taktik pembelajaran secara spesifik, mengembangkan dan menentukan bahan ajar, melakukan penilaian formatif, melakukan revisi, dan evaluasi sumatif. Namun penelitian ini dibatasi sampai pada melakukan revisi. Subjek atau sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 9 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul menyusun teks ulasan berbasis kontekstual siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Lubuklinggau tergolong valid dan praktis dengan angka persentase kevalidan ahli bahasa 0.78, persentase kevalidan ahli materi 0.71, persentase kevalidan ahli desain 0.74, dan persentase kepraktisan memperoleh nilai 0.85 kriteria sangat praktis. Kata Kunci: Modul, Teks Ulasan, Kontekstual
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022