Dalam penelitian ini, peneliti memilih salah satu permainan tradisional yaitu Congklak yang menjadi media pembelajaran di sekolah dasar khususnya di kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran di kelas, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran dapat membentuk karakter kejujuran, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan nilai karakter kejujuran siswa sekolah dasar kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan masih terdapat dua diantara enam siswa yang belum menerapkan kejujuran dalam bermain Congklak. Dengan bobot presentase siswa D sebanyak 33% dan siswa F mendapatkan bobot persentase sebanyak 66% karena tidak memenuhi indikator yang telah ditentukan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu melestarikan permainan tradisional Congklak serta dapat meningkatkan karakter kejujuran siswa melalui permainan tradisional Congklak.
Copyrights © 2022