COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 5 (2022)

Analisis Nilai Karakter Kejujuran Pada Permainan Tradisional Congklak Siswa Sekolah Dasar Kelas III

Dinda Kemala Apsari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memilih salah satu permainan tradisional yaitu Congklak yang menjadi media pembelajaran di sekolah dasar khususnya di kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran di kelas, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran dapat membentuk karakter kejujuran, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan nilai karakter kejujuran siswa sekolah dasar kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan masih terdapat dua diantara enam siswa yang belum menerapkan kejujuran dalam bermain Congklak. Dengan bobot presentase siswa D sebanyak 33% dan siswa F mendapatkan bobot persentase sebanyak 66% karena tidak memenuhi indikator yang telah ditentukan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu melestarikan permainan tradisional Congklak serta dapat meningkatkan karakter kejujuran siswa melalui permainan tradisional Congklak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...