Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan dari kegiatan permainan tradisional yang diintegrasikan dengan penerapan metode sokratik atau socratic method terhadap pengembangan nilai karakter kemandirian siswa di sekolah dasar serta untuk mengetahui bagaimana respon guru dan siswa terhadap kegiatan tersebut. Permainan tradisional pada penelitian ini menggunakan permainan balap karung, gobak sodor, boy boyan, dan ular naga. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kombinasi atau mix method dengan mengombinasikan 2 pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dan dilakukan dengan desain eksplanatori. Sampel penelitian masing-masing untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol terdiri dari 33 siswa kelas V sekolah dasar. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian skala sikap yaitu angket penilaian karakter kemandirian serta lembar respon siswa dan hasil wawancara guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi permainan tradisional berbasis socratic method pada siswa sekolah dasar terdapat peningkatan yang signifikan terhadap nilai karakter kemandirian siswa sekolah dasar. Penelitian ini berimplikasi pada perkembangan karakter kemandirian siswa selama mengikuti kegiatan permainan tradisional.
Copyrights © 2022