Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Kelas V SDN 4 Pasirhalang serta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jumlah sampel 10 siswa. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara terhadap siswa dan guru, dokumentasi dan test. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan Skala Likertl dengan Teknik pengolahan data berdasarkan rumus presentase. Berdasarkan analisis, Minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN 4 Pasirhalang dari 10 siswa yang menjadi sampel penelitian minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika, mulai dari indicator perasaan senang, perharian, ketertarikan dan keterlibatan menunjukkan presentase dibawah 40%, maka dapat diketahui bahwa minat belajar siswa dapat dikatakan masih rendah. Dan hasil belajar dapat diketahui bahwa 10 siswa yang menjadi sampel penelitian, terdapat 2 siswa yang memperoleh hasil belajar kategori rendah (20%), dan sebanyak 5 siswa memperoleh hasil belajar kategori sedang (50%), serta 3 siswa yang memperoleh hasil belajar kategori tinggi (30%), maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Pasirhalang adalah sedang. Guru diharapkan memperhatikan dan selalu meningkatkan minat belajar siswa agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, dan siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas belajarnya. Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Copyrights © 2022