Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober 2022

Pengaruh Self Efficacy, Disposisi Matematis, dan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik

Gustia Putri Lestari (Universitas Bengkulu)
Zamzaili (Unknown)
Saleh Haji (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis adanya pengaruh 1) self efficacy terhadap penalaran matematis, 2) disposisi matematis terhadap penalaran matematis, 3) koneksi matematis terhadap penalaran matematis, dan pengaruh secara simultan self efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost de facto dengan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA IT IQRA Kota Bengkulu, SMAN 11 Kota Bengkulu, dan SMA Idhata Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian terdiri atas 65 peserta didik kelas XII IPA SMA IT IQRA Kota Bengkulu, 54 peserta didik SMAN 11 Kota Bengkulu, dan 6 peserta didik SMA Idhata Kota Bengkulu. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh self efficacy terhadap penalaran matematis dengan koefisien jalur sebesar 0,245, 2) terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap penalaran matematis dengan nilai koefisien jalur 0,179, 3) terdapat pengaruh koneksi matematis terhadap penalaran matematis dengan nilai koefisien jalur 0,251, 4) terdapat pengaruh secara simultan self efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 0,266.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...