JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Vol 6, No 1 (2022): JPEKBM (Juli,2022)

PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK KOSMETIK MS GLOW TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Riza Nurdiana (STKIP PGRI Jombang)
Yulia Effrisanti (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan (1) ada atau tidaknya pengaruh brand image pada kepuasan pelanggan Ms Glow (2) ada atau tidaknya pengaruh brand image pada loyalitas pelanggan Ms Glow (3) ada atau tidaknya pengaruh brand image pada loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada produk kosmetik Ms Glow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui angket. Responden penelitian sebanyak 80 orang. Metode analisis data penelitian menggunakan path analysis. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial brand image berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dan pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Ms Glow secara langsung memiliki nilai lebih kecil daripada pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Ms Glow melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Simpulan yang ialah apabila sebuah produk memiliki brand image atau citra merek baik maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang dapat membentuk loyalitas pelanggan. Saran kepada peneliti selanjutnya yaitu memperluas cakupan penelitian agar ditambahkan variabel baru dan menggunakan teknik analisis yang lebih variatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan ...