Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model discovery learning pada materi system persamaan linier di kelas X SMA Negeri 1 Sipoholon T.A. 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrument tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipoholon, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi system persamaan linier dengan model discovery learning. Berdasarkan analisis data kemampuan penalaran matematis peserta didik pada siklus 1 diperoleh persentase secara klasikal sebesar 40,00% (nilai ≥ 72). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase secara klasikal sebesar 86,66% (nilai ≥ 72). Dilihat dari siklus 1 dan siklus II dimana terjadinya peningkatan persentase kemampuan penalaran matematis peserta didik sebesar 46,66% Aktifitas peserta didik juga dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan dengan kategori aktifitas Baik. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II dengan kategori aktivitas sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linier di kelas X SMA Negeri 1 Sipoholon T.A 2022/2023.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022