Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Vol 6, No 2 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN

Survei Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Administrasi di Kantor Desa: Studi Komparasi Menggunakan Uji One Way Anova dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat

Zainal Putra (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar)
Muzakir Muzakir (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan rata-rata kepuasan masyarakat dan menganalisis indeks kepuasan masyarakat desa atas pelayanan administrasi di kantor desa. Jumlah sampel diambil sebanyak 260 warga dalam 26 gampong di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Data dianalisis dalam dua tahapan, yaitu uji one way Anova dan analisis indeks kepuasan masyarakat. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kepuasan masyarakat diantara 26 gampong. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, gampong yang masuk dalam peringkat sepuluh besar dengan skor tertinggi rata-rata kepuasan masyarakat adalah Meureubo, Langung, Buloh, Paya Peunaga, Ujong Tanoh Darat, Pucok Reudeup, Ranto Panyang Barat, Peunaga Rayeuk, Ujong Tanjung, Mesjid Tuha, dan Paya Baro. Selain itu, terdapat sebanyak 7 gampong memiliki tingkat kepuasan masyarakat dengan mutu ‘A’, kinerja ‘sangat baik’, yakni Ranto Panyang Barat, Ujong Tanoh Darat, Buloh, Meureubo, Langung, Paya Peunaga, dan Pucok Reudeup. Sisanya sebanyak 19 gampong memiliki tingkat kepuasan masyarakat dengan mutu ‘B’, kinerja ‘baik’.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbkan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan ...