DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 2 No 1 (2022): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika

Peningkatan Karakter Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Enrekang Melalui Model Problem Project Based Learning (Ppjbl)

S, Rosida Putriani (Unknown)
Nurdin, Nurdin (Unknown)
S, Putriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian peningkatan karakter kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika melalui problem project based learning (PPjBL) pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Semester IV yang dilaksanakan pada bulan Maret-April Di Kampus Universitas Muhamadiyah Enrekang, bertujuan untuk mengetahui apakah karakter kewirausahaan mahasiswa bisa meningkat melalui penerapan PPjBL pada mata kuliah Program Linear. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan PPjBL pada mata kuliah Program Linear mampu meningkatkan karakter kewirausahaan Mahasiswa Semester IV PRODI Pendidikan Matematika Universits Muhammadiyah Enrekang. Peningkatan karakter kewirausahaan dibuktikan pada hasil tindakan siklus I, dari 10 mahasiswa pada siklus I rata-rata peningkatan karakter kewirausahaan mahasiswa sebesar 76.9%, dimana 3 mahasiswa dalam kriteria Kuat (80%-89%), 6 mahasiswa dalam kriteria Cukup (65%-79%) dan 1 mahasiswa dalam criteria Lemah (55%-64%). Pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan dimana rata-rata peningkatan karakter kewirausahaan mahasiswa sebesar 90.6%, 9 mahasiswa dalam kriteria Sangat Kuat (90%-100%) dan 1 mahasiswa dalam kriteria Kuat (80%-89%). Model PPjBL yang diterapkan dalam mata kuliah Program Linear sangat efektif menjadi model perkuliaan sehingga mampu meningkatkan karakter kewirausahaan mahasiswa dalam membentuk jiwa entrepreneurshi sejak dini, menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas didunia perbisnisan, siap menghadapi persaingan ekonomi dimasa depan serta mampu mciptakan lapangan pekerjaan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...