Jurnal Konsepsi
Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Konsepsi (November)

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Pembelajaran Quantum Teaching Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu

Nursyamsi Amin (MTss. Manongkoki, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahuai peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa kelas VIII.4 MTsS Manongkoki, Kecamatan palombangkeng, Kabupaten takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model penelitian dalam penelitian tindakan kelas meliputi penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan, refleksi dan merancang tindakan selanjutnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara. Teknik yang digunakan peneliti mendapat data melalui pengamatan (observasi), soal dalam bentuk tes dan dokumentasi. instrumen data yang digunakan berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Jenis tes yang dikembangkan menggunakan soal tes buatan guru. Analisis data dalam penelitian tindakan direpresentasikan dengan momen refleksi dalam satu putaran tindakan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan perlakuan sebesar 6,2. Nilai ini mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 7,5 dan 8 pada siklus III. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 7 > ttabel 1,78. Dapat mengartikan metode pembelajaran Quantum Teaching berhasil meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIII.4 MTsS Manongkoki Kecamatan Palombangkeng Kabupaten Takalar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...